Minggu, 24 April 2011

Menabung tapi rugi



Apakah anda punya tabungan di bank? Saya yakin anda punya tabungan di bank. Saya pun demikian. Beberapa waktu ini saya mengamati nilai tabungan saya. Ada yang aneh  menurutku. Ketika aku melihat daftar/tabel interest rate di bank, sangat mencengangkan. Bank hanya memberikan bunga yang sangat kecil. Untuk bunga tabungan paling tinggi 5%. Bahkan untuk jumlah tabungan dibawah jumlah tertentu tidak memiliki tingkat pengembalian bunga. Hanya deposito yang memiliki tingkat bunga lebih besar dari 5% itupun tergantung dari jumlah yang didepositokan.



Kalau begini caranya, berarti menyimpan uang di bank bukanlah suatu bentuk investasi. Menyimpan dibank malah menimbulkan kerugian. Jumlah pengembalian dari bank yang kurang dari 5% hilang sia-sia, karena tergerus inflasi. Rugi dong selama ini, Kalau begini caranya, berarti menyimpan uang di bank bukanlah suatu bentuk investasi. Menyimpan dibank malah menimbulkan kerugian. Jumlah pengembalian dari bank yang kurang dari 5% hilang sia-sia, karena tergerus inflasi. Rugi dong selama ini, inflasi kita lebih dari 6%. Lah bukankah 5%-6% hasilnya minus. Sudah minus kita dibebani biaya administrasi tiap bulannya sekitar 25.000 perak.



Fungsi bank kini malah berbalik, kita dipungut biaya atas penyimpanan uang kita di bank. Apakah kita harus terus menyimpan uang di bank? Kayaknya perlu dipikirkan kembali. Mengingat kerugian yang kita dapatkan.

Hanya karena fasilitas yang ada, terutama ATM, saya tetap menggunakan bank. Tapi jika saya mempunyai uang banyak, saya akan menyimpannya dalam bentuk aset saja. he he he. Mudah-mudahan saya punya uang yang banyak amin. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar